Selasa, 01 Agustus 2017

Tips Berburu Skincare di Korea


Berburu skincare di Korea adalah salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Korea, sekalipun kamu bukan pengguna skincare Korea.

Kalau kamu udah baca tulisan-tulisanku sebelumnya atau follow media sosialku, pasti tahu deh kalau beberapa bulan lalu aku traveling ke Korea. Sebelum berangkat, bukan hanya aku yang antusias, tapi cewek-cewek di sekitarku yang addict sama skincare Korea juga nggak kalah antusias. Skincare Korea memang lagi tren di Indonesia, sayangnya banyak produk-produk terkenal yang belum dijual di Indo, kalaupun ada harganya jauh lebih mahal. Berhubung aku orang yang peduli teman dan suka mengambil kesempatan, jadilah aku buka jasa titip skincare Korea.

Sebagai prempuan yang merasa kurang kekinian karena bukan pengguna skincare Korea, menerima titipan berbagai merek membuatku tertegun. Merek yang aku tau hanya sebatas Nature Republic, Etude, yah paling mentok Innisfree lah, dan ternyata ada yang titip COSRX, Klairs, The Faceshop, Tony Molly, Missha, Park & Son, dan Laneige. Mendengarnya ingin rasanya aku berkata 'wabillahi taufik wal hidayah, wassalammualaikum warohmatullahi wa barokatu' kemudian salim dan pamitan. Itu apaan??? Tapi berhubung lagi-lagi aku orang yang peduli teman dan suka mengambil kesempatan, jadi tetap aku iyakan.

Hampir semua titipan bisa aku temukan, dan akan aku bagikan melalui tulisan ini

Tony Molly, Missha, Nature Republic, Innisfree, Etude House and The Face Shop are everywhere. So, jangan kalap setiap lihat, mending beli di satu tempat!

Kalau kamu pecinta produk-produk ini, datang ke Korea bagai menemukan surga dunia, karena mereka ada di mana-mana. Kamu bisa menemukan Tony Molly dan Missha di hampir semua railway station di pusat kota Seoul, jadi belanja produk ini nggak butuh effort lebih, yah kalo di sini kaya beli permen di Indomaret deh (lebay).

Nature Republic, Etude, The Face Shop dan Innisfree memang nggak bisa kamu temukan di station, tapi cenderung gampang juga ditemukan karena termasuk street store. Jangan heran kalau kamu jalan-jalan ke berbagai tempat dan menemukan store-store tersebut. Tapi, kalau kamu bisa menahan diri untuk nggak beli dulu tiap liat store-nya akan lebih baik sih, saranku mending kamu fokus meluangkan 1 hari yah 2-3 jam boleh lah untuk beli di satu tempat, yaitu Myeong-dong.

Spend more time buat belanja skincare di daerah Myeong-dong, segala jenis produk ada di sana

Myeong-dong yang nggak pernah sepi

Myeong-dong adalah surga belanjanya orang-orang di Korea, segala brand ternama ada di sana, termasuk di antaranya produk skincare.  Mulai dari Etude yang ada dimana-mana sampai COSRX produk baru yang lagi banyak dipuja. Ditambah lagi, untuk merek-merek terkenal kayak Nature Republic dan Etude, store-nya bisa lebih dari satu, jadi kalau jenis produk yang kamu cari di satu store nggak ada kamu bisa cek di store lain yang masih area Myeong-dong.

5 produk ini bisa dibeli di Myeong-dong (store Innisfree, store The Faceshop, dan A Land) 

Untukmu pemuja COSRX dan Klairs kamu jelas nggak bakal nemu store dengan nama yang sama. Tapi tenang, kamu bisa menemukannya di store A Land, yang tentunya ada di Myeong-dong. Sebelumnya sempet nyari dua produk itu di Oliver O'Young di daerah Dongdaemun tapi ternyata nggak ada. Belanja di Myeong-dong emang paling bener dan lengkap deh.

Kesalahan saat berburu skincare yang nggak akan aku lupa adalah sempat nyicil beli titipan Orchid Eye Cream Innisfree di daerah Garosugil, harganya 35.000 won. Besoknya aku ke Myeong-dong dan mampir ke store Innisfree ternyata lagi diskon dan harga eye cream-nya 25.000 won. Sebagai wanita normal pada umumnya, menyaksikan perbedaan harga dengan mata kepala sendiri itu sakitnya nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, semacam luka tapi nggak berdarah, semacam cinta tapi nggak berbalas, semacam follow tapi nggak difolbek. Oke ini lebay.

Bukan karena di Myeong-dong lebih murah, bukan, tapi saat itu memang semua store Innisfree lagi diskon hanya dalam satu hari. Sayangnya aku sudah terlanjur beli di hari sebelumnya. Jadi saranku demi menghindari penyesalan-penyesalan yang tidak diinginkan, mending beli semua produk di hari yang sama. At least kalau ada perbedaan harga kamu nggak tau, itu lebih aman, Girls.

Anyeong Bogummy Oppa 
Di Myeong-dong jangan heran kalau banyak oppa-oppa yang nawarin sheet mask gratis (sampe narik-narik tanganmu) biar kamu mampir ke store-nya. Biasanya itu berlaku buat store dengan merek-merek yang kurang dikenal dan sepi pengunjung. Saranku sih kalau ada yang nawarin gitu, masuk aja walaupun nggak beli kan lumayan bisa lihat oppa-oppa. Kapan lagi ada oppa ngejer-ngejer kamu buat ngasih sesuatu, berasa jadi pemeran drama Korea kan? Apalagi kalau di store-nya banyak foto Park Bo-Gum terpampang nyata, jadi nggak ada alasan buat nggak mampir. 

Coba deh buka jasa titip. Selain kamu bisa dapet untung 10-20% kamu bisa dapet banyak sampel produk


sampel produk, gratisan dari hasil titipan

Saat membuka jasa titip, hampir semua titipan mereka terbeli, dan aku lumayan dapat keuntungan 10-20%, padahal harga yang aku tawarkan itu jauh lebih murah dibanding beli di olshop ataupun store di Indo. Selain itu, setiap pembelian produk dalam jumlah besar aku selalu dapat sampel produk. Foto di atas adalah 1/3 sampel produk yang aku dapat, sebagian udah aku pake, sebagian bahkan udah aku kasihin orang saking banyaknya dan aku nggak tau itu buat apa.

Nah keuntungan kalau kamu beli di satu tempat adalah kamu bisa makin banyak dapet sampel produk ketimbang nyicil-nyicil padahal mereknya sama. 

Store Nature Republic di Myeong-dong banyak menyediakan Paket Hemat dengan potongan harga yang gila-gilaan.

diskon parah
Store Nature Republic di Myeong-dong banyak menyediakan golden box dengan potongan harga yang lumayan gila sih. Foto di atas salah satunya, harga normalnya adalah 89.500 won atau hampir 1 juta rupiah. Tapi karena ada diskon paket Golden Box jadi hanya sekitar 400 ribu rupiah. Padahal kalau beli Aqua super max aja itu udah hampir 200 ribu sendiri, gila nggak sih potongannya. Kalau aja saat itu aku udah mau nikah, bakal aku beli nih buat seserahan. Tapi yah, yaudah lah.... 

Don't forget to ask "Tax Free" then claim 'Tax Refund' in the Airport

tax refund, mayan bisa buat jajan
Ini adalah bagian terpenting. Alasan kenapa lebih baik beli di satu store yang sama adalah kamu bisa dapet tax free lebih besar. Untuk pembelian lebih dari 100.000 won which is 1,2 juta rupiah kamu bisa langsung klaim tax free. Kalau kurang dari 100.000 won kamu tetep bisa dapet tax free, tapi ya harus klaim tax refund di bandara. Dan mereka nggak akan semata-mata menawarkan, kamu harus tanya saat membayar ke kasir "can I get tax free?". Setelahnya kamu akan diminta menunjukan paspor. Hanya sekitar 5 menit kamu akan dikasih amplop buat klaim tax refund di bandara, di dalamnya tertera nominal yang kamu dapatkan. Semakin mahal barang belanjaanmu semakin besar tax refund yang kamu dapatkan. yaiyalah

Cara klaim di bandara juga gampang kok, setelah check in dan menuju boarding room kamu akan melewati petunjuk arah 'Tax refund'. Ikutin aja arahnya, saat sampai langsung serahkan amplopnya dan paspormu akan dicek sebentar. Tadaaa tanpa menunggu lama kamu bisa dapet cash back deh. Dapetnya nggak banyak sih tapi lumayan lah bisa buat makan di pesawat, dari klaim tax refund aku dapat 6000 won, itu karena aku belinya nyicil-nyicil nggak di satu tempat langsung beli banyak. Pembelian yang terlalu kecil biasanya nggak dapet tax free. Aku hanya minta tax free saat pembelian lebih dari 30.000 won di tiap store. Kalau belinya sekaligus pasti bisa dapet lebih gede.

Jadi itu aja pengalaman dan sedikit saran yang bisa aku bagikan, semoga bermanfaat ya buat kamu kaum hawa pemuja oppa skincare Korea. Next time kalau aku ke Korea aku siap kok buka jasa titip skincare lagi (tetep ya peduli teman dan mengambil kesempatan). 

Anyeong~

2 komentar:

  1. wahh keren ya bisa sampai diskon banyak gitu..

    BalasHapus
  2. ka mau nanya...kalo beli skincare banyak gitu..di indonya kena pajak gaa?

    BalasHapus

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages