Kamis, 09 Februari 2017

Keliling Dunia via Window of The World Shenzen, China

Hai, apa kabarmu jauh di sana? Tiba-tiba ter… (halah malah nyanyi)

Kali ini aku akan membahas salah satu kota di Negara China. Nope, bukan Beijing dengan Great wall nya, melainkan kota yang berada di selatan China, yaitu Shenzen. Ada yang pernah denger atau mungkin sedang merencanakan liburan ke sana? Kalo ada, yuk kita bahas sama-sama!

Sebenarnya Shenzen itu kota apa sih dan gimana idealnya traveling ke sana?


Shenzen awalnya hanya desa kecil namun selama 30 tahun terakhir, Shenzen menjelma jadi kota industri yang mulai diperhitungkan di China. Shenzen biasanya nggak dimasukan dalam itinerary wisatawan yang berkunjung ke China, lebih tepatnya Beijing. Hal ini tentu saja karena jarak Beijing ke Shenzen yang cukup jauh yakni kurang lebih 2.169 km atau kalau ditempuh dengan jalur darat sekitar 25 jam 30 menit. Gile nggak tuh?

Biasanya orang-orang berkunjung ke Shenzen dalam rangkaian perjalanan ke Hongkong dan Macau. Perjalanan menuju Shenzen ditempuh selama <2 jam dari Hongkong dan sekitar 1 jam dari Macau.  Idealnya sih kalo kamu merencanakan liburan, rutenya ke Hongkong (3-4 hari) – lanjut ke Macau (sehari cukup) – ke Shenzen (2 hari). Kamu bisa pulang dari Shenzen atau kembali ke Hongkong dan melanjutnya perjalanan pulang dari sana.
FYI: Kalo kamu menuju Shenzen dari Port Hongkong, kamu bisa urus VOA atau visa on arrival. Syaratnya mudah kok, kamu hanya perlu mengisi Shenzen Application Card, menyiapkan passport, jika lolos kamu akan dikenakan biaya 160 yuan. Dengan catatan kamu dari Port Hongkong ya bukan dari Indonesia langsung ke Shenzen.

Sedikit curhat nih, dulu aku sempat ditahan di imigrasi Shenzen selama 30 menit karena wajahku yang “rada beda” dengan foto passport. Wajar sih dulu aku buat passport tahun 2012, sedang gendut-gendutnya dan belum mengenal pensil alis hahaha. Tapi setelah pemeriksaan lebih lanjut akhirnya aku bebas ke Shenzen. Sungguh pengalaman tak terlupakan.

Tadaaaaaaa… Welcome to Shenzen!


Ada 2 tempat yang wajib kamu kunjungi di Shenzen, yakni Splendid China Folk Village dan Window of The World. Tapi kali ini aku akan membahas lebih lanjut tentang WOW (Window of The World). Mungkin kalo di Indonesia kita mengenal TMII, miniatur rumah adat provinsi-provinsi di Indonesia, nah kalo ini miniatur earmark Negara-negara di dunia. Biaya masuknya 200 yuan atau hampir 400 ribu rupiah, tapi worth it kok.

Taman ini cukup luas, terdapat 118 objek wisata dan 9 kawasan. Jadi kalo kamu nggak cukup banyak waktu, dan males jalan jauh tapi ingin liat semua objek, kamu bisa berkeliling menggunakan shuttle, biayanya 30 yuan. Nanti akan berhenti berhenti beberapa kali di kawasan-kawasan tertentu. Karena banyak objeknya, kamu nggak perlu foto di semua spot, cukuplah di spot yang kamu anggap menarik, atau Negara yang memang ingin kamu kunjungi.

Hola Paris kw super!



Dari luar pintu masuk WOW kamu sudah langsung menemukan The Louvre Pyramid, Paris (Gambar 1). Di dalam akan kamu temukan miniatur Arc De Triomphe (Gambar 2) yang berada segaris lurus dengan Eiffel Tower (Gambar 3).  Buat yang ingin ke Paris tapi belum kesampaian, bisa lah nyicil ke WOW Shenzen dulu.

Air terjun terbesar dan Pyramid terbesar, tapi versi mini. Nah gimana tuh?

 
Air terjun Niagara dan Pyramid Mesir (kw super)

 Ada yang bercita-cita keliling Inggris dan Itali?

 
Big Ben dan Stone Henge- England, dan Menara Pisa, Italy

Well, itu tadi penjelasan singkat tentang Shenzen dan Window of The World, sebenarnya masih banyak negara-negara yang bagus tapi nggak mungkin semua fotonya dimasukin ke sini. Semoga abis baca ini kamu jadi makin semangat untuk keliling dunia ya, baik yang versi China (kw super) atau keliling dunia yang sesungguhnya.

See ya!


0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages