Kamis, 02 Februari 2017

7 Rekomendasi Tempat di Bandar Lampung, Untukmu yang Berkunjung Dalam Waktu Singkat

"Eh aku mau ke Lampung nih ada kerjaan, ada free 2 hari nih, ajak jalan-jalan liat lumba-lumba ke Kiluan, terus ke Menara Siger, ke Way Kambas, sama Pantai Gigi Hiu dong! Kan hits tuh di Lampung"
Nah, kalo ada temen kamu yang bilang gini cobalah berhenti berteman, karena dia nyusahin, cobalah kasih penjelasan. Pertama, Lampung itu 35,376 km2 (menurut Wikipedia) atau 49x luas Negara Singapura dan semua objek-objek wisata "hits" di Lampung berada di kabupaten yang berbeda. Kedua, akses ke tempat wisata 'hits' di atas itu susah paling nggak harus sewa mobil dan sewa supir (kecuali kamu punya teman yang punya mobil dan paham seluk beluk jalanan di Lampung. Ketiga, waktu yang dimiliki temanmu nggak cukup banyak karena dia hanya mampir untuk urusan kerjaan, beda urusan kalo dia memang ingin liburan 1-2 minggu di Lampung, dan punya cukup banyak uang.

FYI: Teluk Kiluan (yang banyak lumba-lumbanya) itu berada di Kabupaten Tanggamus, 4-6 jam dari kota Bandar Lampung, pun Pantai Gigi Hiu berada di Tanggamus. Way Kambas (tempat gajah-gajah) berada di Lampung Timur, 2.5 jam dari Bandar Lampung. Sementara Menara Siger berada di dekat Pelabuhan Bakaheuni- Lampung Selatan, 3 jam dari Bandar Lampung (CMIIW).

So, kalau temanmu hanya berlibur 2-3 hari di Bandar Lampung karena urusan kerjaan atau liburan singkat, temanmu nggak bisa berkunjung ke tempat-tempat di atas. Tapi tenang, masih banyak kok tempat seru di Bandar Lampung yang bisa kamu dan temanmu jelajahi.

1. Pahawang; cocok untukmu yang ingin snorkeling dan refreshing

Snorkeling di Pulau Pahawang via http://www.selagimuda.co.id/
Buatmu yang hobi nonton “My Trip My Adventure” pasti nggak asing dengan tempat ini. Pahawang berada di Kabupaten Pesawaran, sekitar 1,5 jam dari Bandar Lampung, hitungannya nggak terlalu jauh kok. Namun butuh seharian untuk puas berwisata di tempat ini. Kamu bisa menyewa 1 perahu (lengkap dengan peralatan snorkelingnya), nanti ada beberapa spot pemberhentian. Ada area snorkeling bertuliskan Pahawang di dasar laut (ini yang paling wajib), pulau Kelagian, Cukuh Bedil, pulau Balak dan masih banyak lagi. Pokoknya bakal puas seharian

2. Bakso Sony: belum resmi ke Bandar Lampung kalo belum makan di sini

Bakso Sony via http://www.bayupapz.com/

Tumbuh dan besar di Bandar Lampung selama 18 tahun, membuatku selalu rindu untuk kembali ke kota ini. Tapi kalo ditanya tempat apa yang paling aku rindukan, jawabanku adalah Bakso Sony (selain rumah tentunya). Bakso Sony adalah bakso legendaris di Lampung, hingga saat ini terhitung ada 14 cabang di Bandar Lampung, dan semuanya selalu ramai pengunjung. Serunya, kalau kamu datang ke Bakso Sony pusat (di Jln.Wolter Monginsidi dekat RS.Bumi Waras) kamu bukan hanya bisa beli bakso dan mie ayam siap makan, tetapi juga beli oleh-oleh seperti empek-empek, bakso kiloan, hingga daging potong. Oiya, sangking larisnya bakso ini ada beberapa online shop yang jual Bakso Sony Beku bungkusan lho.

3. Tugu Adipura a.k.a Patung Gajah; sambil berwisata malam di pusat kota Bandar Lampung

bunderan gajah via twitter @arisirmi
Nah ini adalah tempat ikonik di Bandar Lampung, Tugu Adipura atau lebih dikenal Bunderan Gajah. Kalau siang mungkin biasa aja, selayaknya pusat kota dengan kemacetan angkot di mana-mana. Tapi kalau malam tempat ini mulai menujukan kebolehannya (apalah). Penuh dengan lampu kota warna-warni menambah kesan cantik dari tempat ini. Makanya sekarang mulai ramai orang-orang berfoto di sini terlebih saat malam hari.

NB: Kalo wisata malam di Lampung jangan lebih dari jam 10 malam ya, terlebih kalau kamu menggunakan kendaraan roda dua (IYKWIM)

4. Citra Garden a Little European; untukmu yang mencari tempat Instagramable bergaya Eropa

a little European via https://www.citragardenlampung.com
Citra Garden adalah salah satu tempat yang lagi hits di kalangan remaja Lampung. Gayanya yang ala-ala Eropa lengkap dengan miniatur Eiffel membuat anak-anak muda berbondong-bondong ke tempat ini untuk sekadar berfoto ria. Karena tempat ini sebenarnya adalah kawasan perumahan, jadi masuknya gratis. Tempat ini berada di daerah Teluk Betung tepatnya di Jln. Wolter Monginsidi. Nah bisa tuh dari Bakso Sony mampir ke sini.

5. Muncak Tirtayasa; tempat yang lagi hits di Instagram anak-anak muda Lampung

Muncak Tirtayasa via http://www.lihat.co.id/
Kalo di Jogja punya Kalibiru, kalo Lampung punya Muncak Tirtayasa. Tenang, ini nggak sejauh dan se-ekstrim Kalibiru kok. Berada nggak jauh dari Bandar Lampung yakni sekitar 30 menit, Puncak Tirtayasa mulai jadi idola. Viewnya adalah keindahan teluk Lampung, terlebih tempat ini juga nggak jauh dari pantai Tirtayasa. Kalo ke Lampung mampir ke sini yah!

6. De Sky Lampung; untukmu yang ingin sekadar nongkrong gaul a la anak muda Lampung, mampir ke sini nggak ada salahnya



“Tir, ajak ke tempat gaul anak-anak Lampung dong!” waduh sulit sih karena aku bukan anak gaul, aku mah apa atuh. Tapi kalo memang harus kasih rekomendasi, selain Mal Bumi Kedaton (mall baru nan hits), tempat yang gaul adalah De Sky Grand Karaoke. Selain karena bisa karaoke, tempat ini memiliki Rooftop yang epic dengan makanan yang yah mahal sih tapi boleh lah. Karena banyaknya ajakan nongkorng dari teman di tempat ini (saat aku pulang), jadi aku menyimpulkan tempat ini memang gaul.

7. Pusat Oleh-Oleh Yen-Yen; apalah arti ke Lampung tanpa bawa kripik pisang coklat dan kemplang

Yen-yen via http://lampung.tribunnews.com/
Belum ke Lampung kalo pulangnya nggak bawa oleh-oleh kripik pisang cokelat dan kemplang. Sebenarnya ada juga Gang PU (Sentra Keripik Pisang), namun menurutku dan beberapa teman, kripik Yen-Yen tetap yang paling enak. Bukan hanya menjual kripik pisang tapi masih banyak oleh-oleh khas Lampung lainnya di tempat ini. Oleh-oleh Yen-Yen terletak di daerah Teluk Betung, nah bisa lah mampir ke sini setelah dari Citra Garden.

8. Berburu Durian di sepanjang jalan Tugu Durian, Sukadana Ham

via http://lampung.antaranews.com/
Penggila durian wajib banget datang ke sini, apalagi kalo pas musim durian. Berada di daerah Sukadana Ham, Bandar Lampung, Tugu Durian bukan sekadar simbol tapi memang di wilayah ini kamu bisa menemukan jajaran durian yang enak dengan harga murah. Bahkan kalo lagi musim, durian bisa dihargai Rp.5.000/buah. Selain durian ada juga buah manggis, jadi kalo nggak doyan durian masih bisa mampir lah.
Travel plan for two days in Bandar Lampung (full day trip):
Day 1 Pahawang, pulangnya berburu durian, dan berkeliling Bunderan Gajah di waktu malamDay 2 Puncak Tirtayasa, Bakso Sony, Citra Garden, berburu oleh-oleh di Yen-Yen, dan nongkrong gaul di De-Sky

Nah itu tadi rekomendasi untukmu yang ingin liburan singkat di Bandar Lampung, walaupun singkat semoga tetap berkesan ya. Kalau punya waktu lebih panjang lebih bagus sih karena Lampung punya banyak banget tempat wisata keren yang bisa dieksplor. Oiya, kalo ke Bandar Lampung jangan lupa main ke rumahku ya, siapa tau cocok (lho)~ 

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages