Rabu, 18 Januari 2017

Tips Menjelajahi Singapura Hanya Dalam Satu Hari

Singapura, negara yang bisa kamu jelajahi dalam sehari, berdasarkan pengalaman pribadi 21 jam di Singapura.
Kalau kamu nggak punya cukup banyak uang dan nggak ada kepentingan, jangan membayangkan liburan di Singapura selama seminggu atau lebih, pokoknya jangan. Lebih baik kamu alokasikan waktu dan uangmu untuk berkunjung ke negara lain seperti Malaysia atau Thailand. Selain karena biaya hidup yang tinggi, Singapura adalah negara yang luasnya hanya seperempat Yogyakarta, jadi cukuplah jelajahi dalam sehari.
Nb: Tapi beda urusan kalau kamu punya banyak uang atau ada teman dan keluarga yang memang tinggal di sana.
Lah sehari terus nggak nginep? Emang cukup? Tenang, bisa kok. Berikut beberapa tips yang aku coba bagikan lewat pengalaman pribadiku Januari tahun lalu.


Menginaplah di Transit Area Changi Airport, nyaman dan gratis asal tau triknya


transit area Changi Airport via www.sleepinginairports.net/
Saat itu pulang dari Hongkong (sumpah bukan TKW) dan tiba di Singapura sekitar jam 1 pagi, aku memilih flight berikutnya ke Jakarta jam 9 malam, which is aku punya 21 jam di Singapura. Nggak langsung jalan kok, aku tetap istirahat dulu, di Changi Airport. Kalau kamu nggak membawa banyak barang yang butuh baggage claim, kamu beruntung karena kamu bisa tidur di transit area. Jangan bayangkan transit area di bandara Indonesia, di Changi Airport benar-benar  nyaman dan ada beragam fasilitas, gratis untuk penumpang transit.

NB : dengan catatan semua barangmu kamu bawa dan nggak ada barang di bagasi. Jangan keluar dari transit area, karena nggak bisa masuk lagi.

Sayangnya saat itu aku membawa lumayan banyak barang dari Hongkong dan harus klaim bagasi, tentunya harus keluar dari transit area. Tapi jangan khawatir, walaupun nggak bisa menikmati kenyamanan transit area Changi Airport, kamu bisa ke terminal 2 mencari Starbucks karena sofanya lumayan nyaman dan nggak terlalu rame. Sebagai traveler, tidur di bandara adalah hal yang lumrah, seru malah.


07:00 Pelajari Maps MRT, tentukan destinasi dan segera beli kartu Tourist Pass 10 SGD

via thesingaporetouristpass.com
Setelah bangun, solat, ganti baju, bersih-bersih, touch-up dan makan roti sebagai pengganjal perut, cobalah mampir ke sistem informasi untuk minta peta Singapura yang lengkap rute MRT, sekalian minta peta Sentosa Island. Tandai tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, pastikan kamu paham rutenya, tandai di mana kamu harus ganti MRT. Kalau sudah kamu bisa mulai perjalanan, pastikan batre hp atau kameramu full ya!
NB: kalau membawa banyak barang, titipkan di Baggage storage (Left Baggage) yang ada di Terminal 1, 2, dan 3, dengan biaya 4-10 SGD tergantung berat dan lama penitipan. Jadi kamu cukup menjelajah Singapura seharian dengan satu tas kecil saja. 


08:00 Kunjungi  Raffles Landing Site, Merlion Park, Singapore River, dan Esplanade, karena itu 1 area



Singapura itu negara kecil, jadi kamu bisa mendatangi 4 spot sekaligus. Saat itu dari Changi Airport aku naik MRT menuju city hall (lihat peta: east west line di jalur hijau). Berjalan sedikit dari pintu keluar aku melewati Raffles Landing Site, nggak terlalu menarik sih seperti museum peninggalan Belanda pada umumnya. Hal yang menarik adalah di depan area Raffles Landing Site kamu bisa menemukan jajaran batu baja berukuran cukup besar (Gambar 1).

Cukup berjalan 100 meter dari sana kamu akan melihat sungai dengan latar bangunan Esplanade (Gambar 2). Bangunan ini merupakan pusat seni di Singapura, yang menarik adalah atapnya yang menyerupai buah durian. Menoleh sedikit dari Esplanade kamu akan melihat pemandangan gedung Marina Bay Sands (Gambar 3) dan Merlion Park (Gambar 4). Pastikan kamu datang pada pagi atau sore hari, karena tempat ini sangat ramai dan panas di siang hari.

Di area ini kamu bisa menemukan food court, harga makanannya berkisar 5-10 SGD, cukup mahal memang tapi berhubung waktumu nggak banyak untuk cari tempat makan lain, jadi boleh lah dicoba.

11:00 Garden by the Bay dan Marina Bay; sebenarnya lebih seru kalau dikunjungi malam hari, tapi kalau waktumu nggak banyak datang siang hari juga nggak masalah

sayangnya agak mendung jadi gelap
Setelah makan dan foto-foto di Merlion Park kamu bisa menuju destinasi selanjutnya yang tak jauh dari sana. Kamu bisa naik MRT menuju Bayfront, lalu keluar ke Exit B. Setelah keluar kamu bisa melewati the Dragonfly Bridge untuk sampai ke Garden by the Bay. Banyak tanaman dan pepohonan rindang, benar-benar tempat yang cocok untuk istirahat sejenak (di sana aku malah ketiduran setengah jam hahaha).

Sebenarnya lebih menarik kalau kamu datang di malam hari, karena lampunya yang warna warni. Tapi berhubung di sini hanya satu hari, siang adalah waktu yang tepat dan sama sekali nggak panas.

13:00 Kunjungi Sentosa Island, foto di depan Universal Studio, patung Merlion, atau sekedar berkeliling selama 1,5-2 jam cukup kok.


nggak usah masuk, mahal
Dari Merlion Park kamu bisa naik MRT (lihat jalur hijau), kemudian transit di Outram Park, ganti MRT ke arah Harbour Front (lihat jalur ungu). Nah dari sana ada 3 pilihan ke Sentosa Island, bisa melalui Sentosa Express, Cable Car, atau Bus. Kalau ingin sensasi yang seru dengan pemandangan Singapura dari atas ketinggian, kamu bisa coba naik Cable car biayanya cukup mahal sih sekitar 27 SGD. Kalau bosen naik MRT (yakali udah bosen) bisa coba naik bus sekalian buat pengalaman, tourist pass kamu bisa dipake untuk bus juga kok.

Sentosa Merlion - Trick Eye Museum

Tadaaa... sampai di Sentosa Island kamu akan melihat ikon Universal Studio Singapura, cukup foto saja, selain karena nggak cukup banyak waktu, biaya masuknya juga lumayan merogoh kocek. Sekitar 74 SGD/ orang dewasa. Setelah asik berfoto (yang nunggu giliran karena ramai) kamu bisa cek peta Sentosa Island sebagai panduan. Cukuplah 1,5 jam berkeliling, jangan lupa mampir ke patung Sentosa Merlion dan Trick Eye.

15:00 Berbelanja di Bugis Street; walaupun waktunya singkat, tetap harus menyempatkan belanja oleh-oleh murah!

Bugis street via www.singapore-guide.com/

Setelah puas foto-foto, saatnya berburu kuliner dan oleh-oleh di Bugis Street. Walaupun cuma sehari tetap saja kamu harus beli buah tangan khas Singapura. Di sekitar Bugis street juga banyak tempat makan yang harganya nggak terlalu mahal kok. Waktu itu aku membeli paket nasi lemak seharga 2 SGD dan jus kiwi seharga 1 SGD.

NB: wisata belanja aku letakan paling akhir biar saat jalan-jalan kamu nggak perlu ribet bawa barang. Jadi dari Bugis street kamu bisa langsung balik ke airport

17:00 Back to Airport dan bersiap untuk flight jam 9 malam

Buru-buru amat? yah perkiraan naik MRT 1 jam. Jangan lupa ambil barang di Baggage Storage, lalu bersih-bersih, solat di bandara dan kamu siap untuk kembali ke Indonesia (atau melanjutkan flight ke negara tujuan lain).

Selamat menjelajah Singapura!

Salam betis sehat,
Harda



0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages