Jumat, 20 Januari 2017

Panduan Traveling ke Thailand, Negara yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Bangkok, May 2016
Dari beberapa negara yang pernah aku kunjungi, Thailand adalah negara yang paling membuatku terkesan. Beberapa kali ke sana, tapi rasanya ingin kembali lagi, dan lagi. Sekilas Thailand memang biasa saja, tak semaju Singapura, tak seromantis Korea Selatan, atau se-modern Hongkong, tapi banyak sisi lain yang begitu mengesankan.

Kalau kamu punya cukup uang (nggak perlu terlalu banyak), dan sedang merencanakan liburan, coba deh masukan Bangkok-Pattaya dalam daftar destinasi wisatamu. Melalui tulisan ini aku coba jabarkan beberapa alasannya beserta sedikit panduan wisata di Thailand.

1. Kuliner a la streetfood yang murah meriah dan menggoyang lidah




Mango sticky rice, thai tea, buah potong segar, coconut ice cream, dried food adalah yang paling membuatku jatuh cinta. Sebenarnya masih banyak makanan lainnya, tapi karena takut nggak halal jadi aku hanya memilih 4 ini. Kalau ke Thailand jangan lupa cobain ya!

(Gambar 1) Mango sticky rice terdiri dari ketan yang diberi kuah santan berpadu dengan mangga yang manis asam, terdengar biasa saja, tapi sekali coba kamu pasti jatuh cinta. Makanan ini bisa kamu temukan dengan harga kisaran 50-80 bath, bisa ditemukan di China Town atau di Khao San Road. Kalau ingin mencoba makanan serba mangga a la cafe juga bisa ke Mango Tango di dekat Siam Square agak mahal tapi worth it.
Nb: buatmu yang nggak terlalu suka mangga atau kamu yang pecinta durian ada alternatifnya kok yaitu Durian Sticky Rice, itu juga wajib dicoba

(Gambar 2) Coconut ice cream adalah es krim dengan daging kelapa muda keruk. Makanan ini akan menyegarkanmu kala berjalan di teriknya kota Bangkok. Kamu bisa menemukan ini di Khao San Road, China Town atau pintu masuk Wat Arun dengan harga 40 bath.

(Gambar 3) Thai tea adalah minum wajib saat ke Thailand. Kamu bisa menemukannya di mana-mana sangking banyaknya. Saran sih, kalau mau yang murah dan praktis bisa beli di Seven Eleven manapun, dengan harga 15-20 bath per cup tergantung ukuran. Kalau mau beli untuk oleh-oleh,harganya sekitar 90-110 bath per pax isi 10. Beli di MBK paling murah, dulu hanya 90 bath per pax. Kalau di Asiatique 100 bath per pax. 

(Gambar 4) Buah potong segar, biasa aja sih, tapi entah kenapa buah di Thailand rasanya lebih segar. Kamu bisa menemukan ini di mana-mana sepanjang jalan. Untuk buah potong biasa, biasanya harganya 10-20 bath, tapi beda kalau buah delima merah sekitar 40 bath. Tahun lalu saat aku ke Bangkok suhunya mencapai 39 derajat, jus buah segar dan buah potong ini membantu banget biar nggak dehidrasi.

2. Penduduk lokal yang begitu ramah, membuat Thailand serasa seperti rumah

(Gambar 5) ITFCP 2014

Kalau bicara soal negara dengan penduduk yang paling ramah, Indonesia tetap juaranya. Tapi kalau ditanya yang nomor 2, Thailand adalah jawabannya. Tak jauh beda dengan orang Indonesia, penduduk Thailand adalah orang-orang yang menyenangkan untuk berkawan. Bahkan dengan kontak via online saja, saat kamu datang ke sana mereka akan menyambutmu dengan baik. Anak muda Thailand tak segan-segan untuk menjadi guide untukmu. Kalau kamu punya teman orang Thailand maka kamu beruntung.
nb: sebelum berangkat ke Thailand, coba cari kenalan orang Thailand (bisa minta dikenalkan teman atau cari kenalan dari facebook) untuk jadi teman perjalananmu di sana.

3. Beragam Temple yang bukan hanya indah tapi juga mengajakmu belajar sejarah


Untukmu yang menyukai wisata heritage, Thailand adalah negara yang tepat. Sebenarnya ada banyak sekali Tempel di negara ini, tapi aku rekomendasikan 3 aja yang paling banyak dikunjungi.

(Gambar 5) Wat Phra Kaew atau lebih familiar dengan nama Grand Palace merupakan pusat kerajaan Thailand. Temple ini merupakan yang paling luas dan terkenal, harga tiket masuknya pun cukup mahal yakni 400 bath atau sekitar Rp.160.000,-. (Gambar 6) Wat Pho atau patung Budha tidur juga nggak kalah terkenal. Wat Pho memiliki tinggi 15 meter dengan panjang 43 meter, kebayang kan ribetnya kalo foto. (Gambar 7) Wat Arun merupakan temple yang menjadi ikon kota Bangkok, untuk sampai ke sana kamu harus naik perahu melewati sungai Chao Phraya, seru deh.

4. Ragam wisata belajar mana yang kamu dustakan? Tiap tempat beda kelebihan lho!


Pecinta belanja, ini saatnya. Salah satu yang paling membuat Thailand tak kehabisan wisatawan adalah karena banyak tempat yang menjajakan barang dengan harga murah. Ada beragam tempat wisata belanja di Thailand, dan aku coba membedakan dalam 4 gambar di atas.

(Gambar 8) Asiatique Night Bazar, kalau kamu mau belanja di malam hari sambil foto-foto cantique atau berkeliling sungai Chao Phrya gratis maka Asiatique adalah jawabannya. Harga yang dijajakan toko-toko ini pun beragam, ada yang memang mahal ada juga yang standar tergantung produknya. Oiya tambahan, kamu bisa mendapatkan Nestea thai tea dengan harga 100 bath/pax (hahaha tetep fokusnya ke Thai tea)

(Gambar 9) Platinum Fashion Mall, untukmu kaum hawa yang suka belanja pakaian dengan harga grosir, di sini tempatnya. Harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari mall-mall lainnya, dan model pakaiannya lebih unik dibanding belanja di tempat murah lainnya. Tahun lalu saat aku menjadi guide mahasiswa HI dari Salatiga, hampir semua peserta prempuan ke sini lebih dari 2x, hmm cewek.


(Gambar 10) Chatuchack Weekend Market, nah ini dia surga belanja Thailand yang jadi idaman setiap kalangan. Kalau kamu ke Thailand pastikan kosongkan jadwal di hari Sabtu atau Minggu khusus untuk ke sini. Dari mulai streetfood, aneka fashion, pernak pernik unik, semua ada di sini, bahkan bisa ditawar. 

NB: Chatuchak hanya buka di hari Sabtu dan Minggu
(Gambar 11) Mah Boo Khrong atau disingkat MBK merupakan tempat favorit turis untuk belanja souvenir dan oleh-oleh. Letaknya pun strategis di pusat kota Bangkok, yang berada di sekitar Siam. Oiya, tambahan untukmu yang mencari produk-produk branded, bisa berjalan dari MBK menuju Siam Paragon, di sana lengkap.

5. Soal pementasan Thailand memang juara, mulai dari atraksi gajah hingga Lady Boy show akan membuatmu berdecak kagum




Buatmu yang suka menyaksikan pertunjukan seni budaya, kamu bisa menambahan Pattaya dalam destinasi wisatamu. (Gambar 12 dan 13) Pertunjukan budaya tradisional dan atraksi gajah bisa kamu temukan di Nongnooch Garden-Pattaya, jam pertunjukannya pun ada setiap jam, tapi saranku sih nonton di pagi hari. (Gambar 14) Lady Boy Show, ada 2 pertunjukan yang terkenal di Thailand yakni Tiffany show dan Alcazar show. Tiffany's show lebih mahal dan lebih glamor dibandingkan Alcazar, kebetulan kalau aku lebih memilih nonton yang Alcazar show dengan biaya 700 bath, karena Tiffany lebih mahal 200 bath.
NB: Idealnya kalau liburan ke Bangkok-Pattaya sekitar 4-5 hari, biar tetap puas dan nggak over budget 
Nah, kalau kamu ke Thailand terutama Bangkok-Pattaya dan menemukan k-5 hal di atas, aku pastikan kamu pasti akan jatuh cinta dengan Thailand dan berharap bisa kembali lagi. Seperti halnya aku yang sampai sekarang masih belum bisa move on dari mas-mas yang aku kenal di Thailand.


Salam cinta,
Harda

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages