Senin, 16 Januari 2017

5 Rekomendasi Tempat yang Wajib Dikunjungi di Seoul, Korea Selatan

Seoul, January 2015
Kalau kamu salah satu pecinta korean wave, Korea Selatan sudah pasti jadi salah satu negara yang ingin kamu kunjungi. Bagaimana tidak, selain karena oppa-oppa tampan dan kisah romantisnya, kesyahduan drama Korea  juga ditunjang oleh tempat-tempat menawan yang menambah hikmat setiap adegan. Sayangnya, saat aku berkunjung ke sana, aku sama sekali bukan penikmat drama Korea apalagi kpop, jadi nggak terlalu banyak referensi. Sayangnya lagi beberapa fotoku di Korea Selatan hilang, karena diambil dari berbagai kamera orang.

Sebenarnya banyak tempat indah dan menarik di Seoul (oppa-oppa yang menarik juga banyak). Namun, kalau kamu nggak punya banyak waktu dan biaya, paling nggak 5 tempat ini harus kamu kunjungi, diantaranya;

1. Namsan Tower; ikon kota Seoul yang penuh dengan kesan romantis


     

Pernah nonton mega hit drama Boys Before Flower atau My Love From Another Star? Pasti kamu nggak asing dengan tempat ini. Bangunan ikonik Seoul ini bernama Namsan Tower atau sebagian orang menyebutnya Seoul Tower. Terletak di dataran tinggi Seoul tepatnya di pegunungan Namsan, membuat Namsan Tower semakin menarik untuk dikunjungi. Karena kamu bisa melihat keindahan sebagian besar wilayah kota Seoul dari atas (243 m) dengan biaya 10.000 won.

Selain pemandangan yang indah, kamu juga akan menemukan area gembok cinta di sini, nah kalo ini gratis. Katanya kalau menuliskan namamu dan pasangan di gembok cinta, kemudian membuang kuncinya, maka cinta kalian akan abadi. Halah, tlq. Terlepas dari kebenarannya (yang jelas belum tentu benar), area gembok cinta juga nggak kalah menarik dan romantis untuk berfoto ria. Jadi kalau ke Seoul pastikan kamu datang ke sini ya! (kalo bisa bersama pasangan biar nggak baper)

2. Itaewon; daerah muslim terbesar di Seoul, Insyallah halal


Itaewon via www.english.visitkorea.or.kr
Kalau kamu seorang muslim yang concern dengan setiap makanan, berkunjung ke Korea Selatan jelas jadi kekhawatiran. Tentu saja karena sebagian besar makanan di Korea tidak halal, menemukan yang tidak mengandung babi aja udah syukur apalagi kalo ada makanan dengan label halal. Namun kamu tidak perlu khawatir jika kamu menginap di daerah Itaewon.

Itaewon merupakan wilayah muslim terbesar di Seoul. Banyak penduduk Turki yang tinggal di wilayah ini, tentunya soal makanan kamu akan aman, Insyallah halal. Restoran Turki hingga street food a la Turki bisa kamu temui di wilayah ini. Selain itu, ada pula masjid besar Itaewon yang akan memudahkanmu untuk beribadah. Jadi kalau ke Seoul pastikan kamu datang ke wilayah ini ya, sekedar untuk solat dan makan makanan halal. 


3. Myeong-dong; surga belanja anak muda Korea, segala brand ternama lengkap dengan diskon-diskonnya ada di sini


Myeong-dong street market via www.myeongdong-kr.com

Pernah nonton drama He's beautiful? Nah tempat ini adalah tempat Park Shin Ye menunggu Jang Keun Suk saat pulang dari gereja (kalo nggak salah sih). Myeong-dong adalah tempat gaulnya anak muda Korea (selain Gangnam tentunya). Kamu bisa menemukan jajaran toko-toko branded di wilayah ini. Mulai dari skin care, aneka fashion, hingga make up ternama ada di sini. Lantas apa bedanya dengan mall? jelas beda, karena tak jarang toko-toko di sini memberikan diskon besar-besaran.

-9 bikin senyum kaku banget kaya kanebo kering, maapin :(
Kalau kamu datang ke sana di momentum yang tepat, kamu akan menemukan diskon-diskon bertebaran. Beruntungnya saat aku ke sana bertepatan dengan diskon awal tahun. Saat itu produk fashion H & M bahkan bisa ditemukan dengan range harga Rp.30.000-200.000, nggak heran kalau waktu itu banyak teman serombongan yang kalap. Selain jajaran diskon aneka fashion, yang akan membuatmu kalap adalah skin care dan make-up. Bukan karena diskon yang ditawarkan tapi karena harganya disubsidi oleh pemerintah, jadi jauh lebih murah. Kamu bisa menemukan masker Etude 9+1 pcs dengan harga 900 won atau hanya sekitar Rp.12.000/pcs. Harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan Etude di Indonesia. 

Jadi, kalau kamu pecinta belanja brand-brand ternama dengan harga rendah, Myeong-dong harus ada dalam list tempat yang wajib kamu kunjungi, kalo perlu seharian.


4. Gyeongbokgung Palace; ikon budaya Korea Selatan sejak zaman Joseon Dinasty


depan pintu masuk Gyeongbokgung Palace

Pecinta drama Korea kolosal pasti akrab dengan tempat ini. Gyeongbokgung atau biasa disebut Gyeongbok Palace ini dibangun pada tahun 1395 pada dinasti Joseon. Dengan biaya masuk 10.000 won, Gyeongbok Palace akan mengajamu menoleh sejarah Korea Selatan lengkap dengan etnik bangunan yang ciamik. Seperti museum dan tempat bersejarah kebanyakan, tempat ini tutup jam 4 sore, jadi kalau ke sini usahakan pagi hari.

King Sejong - Admiral Yi Sun Sun - Cheonggyecheon Stream

Nggak perlu khawatir, kalau kamu nggak punya cukup uang dan waktu untuk masuk ke Gyeongbok Palace, kamu tetap nggak rugi-rugi amat kok. Karena area di sekitarnya juga banyak tempat menarik yang tentunya gratis. Selain bisa berfoto di pintu masuk Gyeongbok Palace, kamu bisa juga berfoto di area depannya yakni Gwanghwamun Square dengan landmark patung “King Sejong” dan “Admiral Yi Sun-sin”. Tidak jauh dari area ini kamu akan sampai di Cheonggyecheon Stream, sungai yang nggak bagus-bagus amat tapi boleh lah. Saat malam bahkan kamu bisa melihat lampion-lampion di area ini.

Jadi pastikan kamu datang ke area Gyeongbokgung Palace ya untuk menikmati paket wisata murah dan lengkap.

5. Dongdaemun; tempat berburu oleh-oleh murah, yang bahkan bisa kamu bayar dengan uang Rupiah.

(maaf karena nggak ada gambarnya)

Saat berkunjung ke Seoul, rasanya belum lengkap kalau belum beli oleh-oleh khasnya. Dongdaemun bisa jadi tempat andalan untuk turis berburu oleh-oleh, tepatnya di lantai 5 toko souvenir "Korea-Indonesia". Harga yang ditawarkan memang nggak terlalu berbeda dengan tempat lain, namun yang membuat tempat ini menarik adalah penjualnya yang bisa berbahasa Indonesia bahkan dengan aksen Sunda. Nggak hanya itu, kamu bisa membayar dengan uang Rupiah. Kebayang kan gimana ganasnya turis Indonesia kalo lagi berburu oleh-oleh di tempat ini? Seru.

Nah itu tadi 5 tempat yang wajib kamu kunjungi di Seoul. Tapi kalau punya kelebihan uang dan waktu luang, bisa juga menambahkan list lainnya seperti Gangnam, Insadong, Han River, Lotte World, Amusement Park  sekalian mampir ke Nami Island atau Busan. Dijamin puas.




0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Kaki Harda. Diberdayakan oleh Blogger.

Jejak Kaki Harda

Catatan perjalanan anak muda (yang nggak muda-muda amat) bernama Harda. Tentang gaya hidup, pengalaman tak terlupakan, dan hal unik yang menarik untuk dikulik~

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Recent

Pages